Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan

By Katakan.id Categories : Manfaat

Manfaat keanekaragaman hayati – Keanekaragaman hayati sudah berkontribusi banyak untuk pengembangan budaya manusia dan masyarakat telah menjadi peran utama dalam pembentukan keanekaragaman alam pada tingkat genetik; spesies; dan ekologi.

Ada empat literatur untuk manfaat keanekaragaman hayati.

  1. Peran ekologi keanekaragaman hayati

Semua spesies menyediakan jenis fungsi ekosistem. Mereka bisa menangkap serta menyimpan energi; menghasilkan bahan organik; menguraikan bahan organik; membantu siklus air dan nutrisi ke seluruh ekosistem,; mengendalikan erosi atau hama; memperbaiki gas atmosfer; serta membantu mengatur iklim.

  1. Peran ekonomi keanekaragaman hayati

Untuk manusia, keanekaragaman hayati pertama merupakan sumber daya utama bagi kehidupan sehari – hari. Salah satu bagian terpenting dari keanekaragaman hayati ialah keanekaragaman tanaman yang biasa disebut dengan agrobiodiversitas.

Kebanyakan orang memandang keanekaragaman hayati sebagai reservoir sumber daya yang menjadi dasar rumusan untuk membuat makanan; farmasi; serta produk kosmetik. Konsep pengelolaan sumber daya hayati menjelaskan sebagian besar kekhawatiran akan hilangnya sumber daya yang berkaitan dengan erosi keanekaragaman hayati. Tetapi, itu juga asal dari konflik baru yang berurusan dengan aturan pembagian serta perampasan sumber daya alam.

  1. Peran Ilmiah keanekaragaman hayati

Secara ilmiah keanekaragaman hayati merupakan sesuatu yang penting sebab setiap spesies bisa memberikan para ilmuwan beberapa petunjuk tentang bagaimana kehidupan berevolusi serta akan terus berkembang di bumi. Selain daripada itu, keanekaragaman hayati membantu ilmuwan untuk memahami bagaimana fungsi kehidupan serta peran dari masing-masing spesies dalam mempertahankan ekosistem.

  1. Peran Etika keanekaragaman hayati

Ada komponen etis bagi keanekaragaman hayati apabila manusia menganggap spesies lain mempunyai hak intrinsik untuk ada. Ecophilosophies seperti halnya ekologi yang mendalam menyatakan bahwa adanya pengakuan hak intrinsik ini membuatnya salah secara moral dan secara sukarela menyebabkan kepunahan. Tingkat keanekaragaman hayati ialah indikator yang baik untuk keadaan hubungan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Keanekaragaman hayati merupakan bagian dari warisan spiritual dari banyak budaya.

manfaat keanekaragaman hayati

Nilai keanekaragaman hayati :

Selain dari manfaat, keanekaragaman hayati juga memiliki nilai. Berikut ini nilai-nilai keanekaragaman hayati :

  • Nilai ekonomis

Keanekaragaman hayati bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan, misalnya untuk bahan baku industri; rempah-rempah; serta perkebunan.

  • Nilai biologis

Keanekaragaman hayati mempunyai nilai biologis / penunjang kehidupan bagi mahluk hidup termasuk juga manusia. Sebagai contoh tumbuhan menghasilkan gas Oksigen pada proses fotosintesis serta oksdasi dibutuhkan mahluk hidup untuk bernapas.

  • Nilai ekologis

Keanekaragaman hayati adalah komponen ekosistem yang sangat penting, misalnya saja hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis mempunyai nilai ekologis / nilai lingkungan yang penting bagi bumi.

  • Nilai sosial budaya

Aspek sosial budaya dari masyarakat dengan aturan-aturan yang khas bisa menjaga kelesatarian keanekaragaman hayati itu sendiri. Keanekaragaman hayati bisa dikembangkan untuk pariwisata.

Itulah beberapa manfaat keanekaragaman hayati, setelah kita mengetahui betapa pentingnya keanekaragaman hayati bagi kehidupan manusia hendaknya kita bisa menjaganya supaya tetap lestari.

Lihat Juga :