Manfaat ASI Untuk Bayi

By Katakan.id Categories : Manfaat

Manfaat Asibagi anda seorang ibu tentunya kesehatan dan kelangsungan hidup buah hati anda tercinta merupakan hal yang paling utama. Disaat setelah melahirkan, bayi memerlukan asi ibunya yang mengandung kolostrum yang baik untuk kekebalan bayi dari berbagai penyakit. Nah apa saja manfaat dari ASI, berikut informasinya:

manfaat ASI Untuk Bayi

  1. ASI menyelamatkan nyawa si ecil. ASI yang eklusif merupakan sumber yang paling efektif yang dapat mencegah kematian anak. Namun di bawah 40 5 bayi di bawah 6 bulan yang dapat menerima pemberian ASI. Bayi yang berusia 2 bulan yang tidak diberi ASI memiliki  resiko meninggal enam kali dibandingkan mereka yang mendapat ASI, yang diakibatkan oleh diare atau infeksi saluran pernapasan akut.
  2. Memberikan perlindungan terhadap penyakit, ASI mengandung kolostrum yang didalmnya terdapat kandungan agen anti bakteri serta anti virus yang memiliki komposisi vitamin A yang tinngi yang dapat melindungi bayi terhadap berbagai penyakit.
  3. ASI mempercepat pemulihan anak yang sakit. ASI berguna untuk mengurangi tingkat keparahann diare serta waktu lamanya dan juga resiko kekurangan gizi. Hal ini karena ASI merupakan sumber makanan yang higienis serta memiliki komposisi yang sangat sempurna, dengan kandunagn energi, lemak, protein, serta vitamin dan nutrisi yang lainnya untuk bayi dalam usia 6 bulan pertama. ASI juga satu-satunya makanan yang aman dan dapat dihandalkan ketika bayi mengalami sakit.
  4. Memenuhi semua kebutuhan air. ASI mengandung 88 % air. Penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi ASI eklusif di usia 6 bulan ke bawah, tak memerlukan cairan tambahan. Di negara – negara yang suhunya tinggi dan kelembapan yang rendah pun juga begitu tak membutuhkan cairan tambahan.
  5. Dapat mengoptimalkan perkembangan fisik serta mental bayi. Bayi yang minum ASI eklusif menunjukkan perkembangan IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak –anak yang tidak minum ASI eklusif. ASI juga merupakan nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan, perkembangan serta pertumbuhan anak.
  6. Anak yang diberi ASI cenderung tidak mengalami obesitas, anak yang diberi susu formula 20 hingga 30 % membuat anak lebih gemuk.
  7. Bayi yang diberikan ASI rata-rata memiliki tekanan darah tinggi yang lebih rendah, selain itu anka juga akan terhindar dari penyakit jantung.

Selain ASI bermanfaat untuk bayi, ASI juga bermanfaat bagi Ibu, yaitu:

Dengan menyusui, dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Perempuan yang menyusui akan membakar kalpri selama menyusi, sebab tubuh akan selalu memproduksi ASI. Selain  itu dengan menyusi, dapat melindungi dirinya untuk hamil dalam waktu yang cepat, dan hal ini 98% lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan kontrasepsi.

Demikian  uraian tentang Manfaat Asi Untuk Bayi, semoga bermanfaat ya bunda.

Penting Untuk Dibaca :