Harga Ciri-ciri Jenis Kayu Cendana & Manfaatnya

By Katakan.id Categories : Daftar Harga

Harga Kayu Cendana dan Ciri-ciri serta Manfaatnya – Banyak sekali jenis kayu yang terdapat di Indonesia dengan harga yang luar biasa fantastis, seperti kayu Gaharu yang sudah kita bahas sebelumnya, dan kali ini bahasan kita adalah seputar kayu Cendana. Kita akan membahas mengenai harga kayu cendana, manfaat kayu cendana dan informasi lainnya yang berhubungan dengan kayu cendana.

Sebelum masuk pada pembahasan harga, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu seperti apa kayu cendana, bagaimana ciri-ciri kayu cendana dan yang lainnya, supaya kita bisa menerima harga kayu cendana tersebut jika kualitasnya sudah kita ketahui.

Kayu cendana wangi, itulah nama lain yang biasa orang sebutkan, adalah pohon penghasil minyak dan kayu cendana.banyak sekali yang bisa dihasilkan dari kayu cendana ini, diantaranya bisa dijadikan sebagai bahan dupa, sebagai rempah-rempah, untuk campuran parfum, aromaterapi dan sebagai warangka (sangkur keris). Jika kualitas kayu yang super, maka akan sangat lama menyimpan aromanya hingga berabad-abad lamanya.

Santalum Album merupakan nama lain dari kayu cendana wangi yang harganya begitu mahal dan saat ini sudah sangat langka keberadaannya. Karenanya pakar parfum dan aromaterapi berganti alih pada santalum spicatum atau kayu cendana jenggi.kedua jenis kayu ini mengandung bahan kimia yang berbeda dan pastinya kadar harumnyapun berbeda.

Cendana

NAMA LAIN POHON KAYU CENDANA DI INDONESIA

  • Candana (Sunda)
  • Candana (Minangkabau)
  • Candana (Belitung)
  • Candana (Makasar)
  • Candana, Candani (Jawa)
  • Candhana Lakek (Madura)
  • Dana, Ai Nitu (Sumbawa)
  • Sundana (Sangir)
  • Tindana, Sindana (Dayak)
  • Sondana (Sulawesi utara)
  • Ai nituk (Roti)
  • Kayu Ata (Flores)
  • Ayu Luhi (Gorontalo)
  • Kamenir (Wetar)
  • Maoni (kisar)
  • Hau meni, ai kamelin (Timor)

ASAL MUASAL POHON KAYU CENDANA

Pohon kayu cendana banyak ditemukan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Dan tak heran jika pulau sumba dikenal juga dengan sebutan Sandalwood Island karena banyaknya tumbuh pohon kayu cendana disana.

Meskipun harga kayu cendana lebih rendah dari harga kayu cendana di Mysoram, India Selatan. Tetap saja kayu cendana yang di Indonesia juga tak kalah bagusnya dan juga dihargai dengan cukup mahal.

JENIS KAYU CENDANA

Pohon cendana membutuhkan inang untuk pertumbuhannya, karena tak cukup kuat akarnya untuk menopang kehidupannya, maka disebut juga sebagai tanaman parasit. Karena alasan itulah pohon kayu cendana sangat sulit untuk dikembangbiakan dan jarang ditemukan di pasaran, maka dari itu harganya begitu mahal.

Meskipun tumbuhan ini termasuk pada tanaman parasit, namun bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 15 meter dan bisa dikatakan juga pohon yang besar karena diameternya mencapai 30 cm. Pohon kayu cendana memiliki 2 jenis, yaitu:

  1. Kayu Cendana Merah

Kayu cendana merah banyak tumbuh di Funan dan India. Kayu cendana merah mutunya tidak sebaik bila dibandingkan dengan kayu cendana putih.

  1. Kayu Cendana Putih

Kayu cendana putih banyak tumbuh di Nusa Tenggara Timur.

MANFAAT KAYU CENDANA

Pohon kayu cendana selain memiliki harga yang mahal juga memikiki banyak sekali jenis manfaat untuk kebutuhan manusia, berikut manfaat kayu cendana:

  1. Untuk kecantikan

Kayu cendana memiliki kandungan minyak yang sangat baik untuk kecantikan, dan zat yang terdapat pada minyak kayu cendana berefek baik pada kecantikan, seperti: mencegah jerawat muncul, menghilangkan flek hitam di wajah, dan mengatasi minyak berlebih di wajah.

  1. Sebagai parfum

Karena kayu cendana memiliki wangi yang aromanya semerbak, apalagi dengan jenis pohon kayu cendana putih, maka tak heran jika pakar parfum mengadopsi kayu cendana sebagai salah satu koleksi sumber wangi parfum yang mereka andalkan. Selain menjadikan parfum dari kayu cendana, juga sering dijadikan sebagai : aromaterapi, sebagai balsam, dan bahan pembuatan dupa.

  1. Bahan Obat Herbal

Manfaat kayu cendana yang populer biasanya sering dijadikan obat herbal bagi tubuh, dan yang sering dijaidkan obat dari pohon cendana ini yaitu minyak dan kulit kayunya. Kedua bahan tersebut biasanya dijadikan obat untuk anti peradangan, bisa dijadikan pembersih ketika menstruasi dan mengatasi gangguan pencernaan seperti disentri.

  1. Bahan untuk kerajinan tangan

Kayu cendana sering dijadikan bahan produk kerajinan tangan dan hiasan-hiasan yang tak kalah bagusnya dengan kayu jenis lain. Biasanya kayu cendana suka dijadikan ukiran-ukiran, keris dan lainnya.

  1. Bahan baku furniture

Pohon kayu cendana memiliki panjang dan besar yang sangat baik jika dijaidkan bahan untuk furniture, dan tak heran juga jika selama ini banyak orang yang memanfaatkan kayu cendana sebagai bahan furniture. Biasanya kayu cendana dibuat menjadi tempat tidur, lemari besar, meja makan, bahan pintu, bahan kusen, kursi dan masih banyak yang lainnya.

HARGA KAYU CENDANA

Hampir disetiap kota harga kayu cendana ini berbeda-beda, namun kita ambil saja titik ukurnya. Bahwa kayu cendana grade biasa harga per kilonya 350.000 sedangkan untuk grade super harga per kilonya dua kali lipat yaitu 600.000. jadi tak hetan jika furniture sekarang ini harganya melambung karena kayunya saja per kilo harganya segitu, apalagi jika sudah diberikan ukiran-ukiran dan jenis kayu yang mahal harganya.

Demikian informasi yang admin bisa sampaikan mengenai harga kayu cendana, semoga bermanfaat untuk sahabat dirumah.